Sabtu, 06 Februari 2016

Gempa Di Taiwan | Berkekuatan 6,4 SR | Ratusan Orang Luka-Luka Dan Sebagian Meninggal



Di kutip dari situs resmi US Geological Survey usgs.gov. Taiwan selatan diguncang gempa dengan kekuatan 6.4 SR, yang terjadi dini hari tadi, sabtu 6 Februari 2016.

Gempa yang cukup kuat itu merusak banyak bangunan yang ada di di kota Tainan, Taiwan Selatan. Sementara US Geological Survey menuliskan di halaman resminya bahwa pusat gempa Taiwan tersebut berada di 28 KM Timur Laut Pingtung, Taiwan.

Beberapa kota yang dekat dengan lokasi gempa juga di perkirakan merasakan getarannya, seperti Kota Kaosiung dan sebagian wilayah Taiwan Selatan. Pemerintah kota setempat langsung membentuk tim tanggap darurat atas gempa yang berkekuatan 6.4 SR tersebut.

Media lokal Taiwan mengatakan, kerusakan bangunan terbanyak adalah dari sebuah perumahan di Taiwan Selatan. Namun hingga saat ini belum di laporkan berapa banyak korban akibat gempa tersebut.

Sebelumnya, Taiwan juga pernah diguncang gempa dengan kekuatan 7,6 skala Richter pada tahun 1999. Gempa tersebut menewaskan sedikitnya 2.300 orang.


Baca Juga :
Kedung Pedut | Jogja Istimewa | Jalan-Jalan Ke jogja
Hujan Es Melanda Barat Lereng Gunung Merapi
Kunjungan Jokowi Di Lokasi Teror | Teror Di Sarinah



Gempa bumi berkekuatan 6,4 SR di Tainan, Taiwan bagian selatan merubuhkan satu gedung apartemen berlantai tujuh. Akibatnya, ratusan orang terperangkap dalam bangunan yang hancur tersebut. Menurut media lokal, seperti disitat dari ITV, Sabtu (6/2/2016), 30 penghuni apartemen sudah berhasil dievakuasi dari reruntuhan. Sejauh ini, tidak ada korban meninggal maupun mengalami cedera serius. Namun begitu, pemerintah Kota Tainan sudah menaikkan status kota menjadi darurat bencana.

Getaran di Taiwan berhasil dideteksi oleh alat pendeteksi gempa milik Badan Geologi Amerika Serikat. Seismometer mencatat guncangan pertama mencapai 6,7 SR, tetapi selanjutnya menjadi 6,4 SR. Kekuatan gempa berpusat di 43 kilometer ke tenggara Tainan, yang dihuni oleh hampir dua juta orang. Sementara kedalamannya terbilang dangkal, hanya 10 kilometer dari permukaan tanah. Guncangannya terbilang hebat, karena diikuti empat kali gempa susulan.



Kasus Indra Bekti Dan Lalu Gigih Afsanofa | Pengakuan Reza Pahlevi | Cerita Reza Pahlevi Atas Pebutan Indra Bekti
London Love Story



Lima orang dinyatakan tewas akibat gempa hebat berkekuatan 6,4 skala richter (SR) di Taiwan yang merobohkan empat gedung besar. Namun, nasib para warga negara Indonesia (WNI) di Taiwan belum jelas.

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia belum bisa mengkonfirmasi apakah ada WNI yang jadi korban dalam musibah di Taiwan. Kemlu menyatakan ada sekitar 17 ribu WNI tinggal di Taiwan.

“Sabtu dini hari (6/2/2016) telah terjadi gempa bumi berkekuatan 6,4 SR di Tainan, 300 km Selatan Taipei, Taiwan,” demikian keterangan tertulis Kemlu.

Kekuatan gempa besar itu terasa hingga di Taipei. Setidaknya empat gedung besar, termasuk bagunan apartemen ambruk. Kota Tainan sendiri diperkirakan berpenduduk 2 juta orang.

“Kami telah berkomunikasi dengan KDEI (kantor dagang dan ekonomi Indonesia) Taipei. Diperoleh informasi bahwa jumlah WNI yang terdata di wilayah tersebut sebanyak 17 ribu. Sekitar 16.800 di antaranya adalah TKI dan sisanya pelajar serta WNI lainnya,” lanjut keterangan Kemlu.

“KDEI sudah mencoba melakukan kontak dengan simpul-simpul WNI di Tainan namun hingga saat ini belum bisa dihubungi. Kemlu sudah meminta bantuan pihak KDEI untuk komunikasi dengan otoritas setempat dan jika perlu mengirimkan tim ke lokasi guna melihat kondisi terakhir dan kemungkinan kondisi WNI,” imbuh keterangan tertulis Kemlu.

Kantor berita Reuters melaporkan, data sementara lima orang dinyatakan tewas dan ratusan orang yang terjebak di gedung-gedung roboh sedang dievakuasi. Puluhan korban luka telah dibawa ke rumah sakit.

0 komentar:

Posting Komentar

resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut
Copyright © 2014 Berita pagi ini