Jumat, 19 Februari 2016

Ini Strategi Marketplace Bukalapak | Bukalapak.com Menggelar Programming Contest

 

Sukses menjadi salah satu online marketplace terkemuka di Indonesia, bukalapak.com, memiliki strategi khusus. Usai menjadi pembicara dalam forum diskusi Lingkar Kemang pertama yang mengangkat tema "From Numbers to Emotion”, Kamis malam, Head of Marketing Bukalapak, Bayu Sherly, mengungkap strategi Bukalapak.com, mulai dari aplikasi mobile, iklan televisi, sosial media, hingga komunitas offline.

Untuk meningkatkan pengguna dari aplikasi mobile, Bayu menyebutkan, Bukalapak meningkatkan kualitas dari sisi produk. Tidak hanya itu, meningkatkan layanan aplikasi untuk pengguna juga menjadi strategi tersendiri. "Pertama, improvement dari segi produk yaitu dari sisi teknis mobile apps. Kemudian, dari konsumen, kami banyak melakukan inisiatif, seperti kode voucher yang hanya dapat digunakan lewat aplikasi," kata Bayu seperti dikutip Antara.

Sementara itu, untuk meningkatkan kesadaran terhadap keberadaan Bukalapak.com, Bayu mengatakan bahwa iklan televisi masih menjadi cara yang tepat. "TV masih kami perlukan untuk menggapai penonton yang lebih luas. Kita harus mengakui bahwa orang banyak mengakses TV kalau kita bicara mass audience terutama di daerah," ujarnya seperti dikutip Antara.

"TV bagus untuk content delivery. Ketika mereka tertarik mereka akan menuju ke internet. Selanjutnya kehadiran kami di sosial media," sambung dia. Baik media Televisi maupun media sosial, menurut Bayu, memiliki presentase kesuksesan yang sama besar. "Masing-masing marketing channel punya fungsinya," kata dia.

Tahun ini, Bukalapak.com menargetkan untuk memiliki 2-3 juta pelapak. Bayu optimistis dapat mencapai angka tersebut. Pasalnya, Bayu melihat industri e-commerce masih memiliki kesempatan yang sangat luas. "Tahun ini kami menargetkan punya jumlah pelapak 2 hingga 3 juta, karena Indonesia punya UKM lebih dari 50 juta, yang baru memakai Bukalapak 500 ribu, potensinya masih sangat besar," ujar dia.

Untuk meningkatkan jumlah pelapak, Bukalapak mengandalkan komunitas offline yang berada di kota-kota besar maupun di daerah. "Bukalapak cenderung unik dibanding yang lain, kami kuat di komunitas di hampir semua kota besar, bahkan di kota-kota kecil komunitasnya sangat kuat," kata Bayu.

"Komunitas itu muncul secara organik, mereka membuat acara sendiri, yang menarik mereka selalu sharing. Pelapak-pelapak yang sudah sukses berbagi pengalaman," lanjut dia. Dari Bukalapak sendiri, untuk mempertahankan bahkan meningkatkan jumlah pelapak, Bayu meyebutkan bahwa dapat menyeimbangkan jumlah pembeli dan pelapak merupakan tugas utama.


"Untuk meningkatkan pelapak, kami menargetkan 1 pelapak 12 pembeli. Tugas kami bagaimana semakin banyak pembeli, jadi pelapak akan percaya untuk tetap berjualan di Bukalapak," ujar dia. "Tugas saya sebagai marketing bisa mempopulerkan platform Bukalapak, mereka (pelapak) tidak perlu buka toko, mereka tidak perlu memasarkan, itu semua kami bantu," tambah dia.

Baca Juga :
Beda Gejala Infeksi Virus Zika Dengan Demam Berdarah | Satu Jenis Nyamuk, 3 Virus Berbeda
Apa Itu Gafatar? | Kasus Dr.Rica Tri Handayani
Kematian Mirna | Kronologis Kematian Mirna

Bukalapak.com yakin, kunci industri digital adalah sumber dayanya. Menciptakan sumber daya berkualitas bagi industri digital adalah salah satu yang dilakukan Bukalapak.com untuk mendukung komitmennya mendoring pertumbuhan UKM di Indonesia lewat platform digital. Melalui Programming Contest yang diadakan pada 2 Februari 2016, Bukalapak.com, menguji kemampuan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia untuk bersaing dan berkontribusi bagi dunia digital Indonesia.

Acara ini berlangsung pukul 09.30 WIB hingga 17.30 di kantor Bukalapak.com dan menguji mahasiswa untuk menyelesaikan puzzle algoritma menggunakan bahasa C/C++, Java, Ruby, ataupun Python. Komitmen untuk mendukung ekosistem digital Indonesia lewat sumber daya ini tersirat dalam pidato pembukaan yang disampaikan oleh tiga founder Bukalapak.com, Achmad Zaky, Fajrin Rasyid, dan Nugroho Herucahyono.

Ketiganya hadir untuk memberi pandangan baru bagi mahasiswa Fasilkom Universitas Indonesia tentang pentingnya sumber daya teknologi bagi Indonesia. Rencana pemerintah Indonesia terhadap dunia digital semakin terasa, namun jumlah sumber daya yang ada justru berbanding terbalik dengan jumlah teknologi yang semakin berkembang dan bertambah banyak.

Fajrin Rasyid, CFO dan Co-Founder Bukalapak.com menambahkan,” Banyak yang bilang kalau Indonesia merupakan surga baru bagi para investor, terutama investor asing. Namun sangat disayangkan, salah satu kekurangan di Indonesia adalah kurangnya ahli engineering. Engineering masih dalam tahap dini di Indonesia dan akan menjadi lebih baik ketika para mahasiswa melihat adanya masa depan yang baik di bidang teknologi.”

Nugroho Herucahyono, CTO dan Co-Founder Bukalapak.com turut mendukung para peserta Programming Contest, ”Kami percaya dunia digital Indonesia akan berkembang lebih kuat lagi. Mengingat rencana Indonesia Broadband Plan, kami yakin para calon Software Engineering mampu merubah ekosistem dunia digital Indonesia menjadi lebih baik lagi.”

Acara ini dilanjutkan dengan workshop yang dibawakan oleh tim Bukalapak.com yang ahli dibidangnya, Hadi Saloko – Engineer Manager, dan Roland Rifandi – Software Engineer. Sebanyak 50 mahasiswa dari angkatan 2012 hingga 2015 diberikan panduan tentang Golang at Bukalapak sebelum memulai kompetisinya pada pukul 12.30. Seluruh peserta bersemangat untuk memenangkan perlombaan.

Pada Programming Competition kali pemenangnya ialah:
• Juara 1: Muhammad Ayaz Dzulfikar, Angkatan 2015
• Juara 2: Rakina Zatta Amni, Angkatan 2013
• Juara 3: Pusaka Kaleb Setiabudi, Angkatan 2013
• Juara 4: Ammar Fathin Sabili, Angkatan 2013
• Juara 5: Dzamil Majdy, Angkatan 2014

Peserta yang hadir juga akan memperebutkan berbagai hadiah menarik seperti MacBook Pro, iPhone 6 & 6s, juga 2 external hardisk. “Kemajuan teknologi ini ada juga yang berdampak negatif. Tidak hanya itu, isu kebocoran data, bug, dan lainnya masih sering dialami di Indonesia. Tujuan dari kompetisi ini adalah bagaimana kita bisa mendorong terciptanya sumber daya berkualitas yang mampu mengelola serta menumbuhkan teknologi di Indonesia,” tutup Hadi Saloko, Software Engineer, salah satu pembicara dalam acara ini.

Rio Haryanto Tak Hanya Mewakili Indonesia tapi Pengin Berprestasi di F1

 

Rio Haryanto setelah dipastikan menjadi pembalap Indonesia pertama yang tampil di Formula 1. Berikut wawancara dengan Rio Haryanto di Gedung Pertamina Pusat, Jakarta, Kamis (18/2/2016).
Selamat buat Rio Haryanto akhirnya menjadi pembalap Formula 1 pertama dari Indonesia.

Ini kabar menggembirakan. Saya sedikit bingung dan ini mungkin masih mimpi. Sempat stres karena waktunya sangat panjang. Lega dan masih terharu. Saya letih sekali dengan liku-liku menjadi pembalap F1. Perjalanan sangat panjang mulai awal karir usia 6 tahun. Tahun kemarin pun untuk menjadi pembalap Formula 1 sangat sulit dan Alhamdulillah, Tuhan memberikan jawabannya hari ini (Kamis, 18/2/2016) saya menjadi Formula 1 driver officialy untuk Manor.

Special Thank’s akan ditujukan Rio kepada siapa saja setelah masuk Formula 1?
Terima kasih kepada pemerintah, Pertamina, keluarga, fans dan media di seluruh Indonesia yang sangat mendukung saya bisa menjadi pembalap F1. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan yang sangat luar biasa kepada semua yang mendukung saya dan akhirnya sore ini kita mendapatkan kabar yang sangat menggembirakan bahwa saya telah di-announce sebagai pembalap F1 tim Manor Racing 2016. Mungkin tanpa adanya dukungan dari semua pihak dari pemerintah, PT Pertamina, dan media  seluruh masyarakat Indonesia saya tidak yakin bisa tampil di F1.
Bagaimana Orang tua menyikapi keberhasilan Rio ini?
Orang tua support maksimal karena masuk Formula 1 sangat sulit. Setahun hanya ada 3 seat di F1.
Apa arti tampil di Formula 1 bagi Rio? Formula 1 ibarat bonus bagi saya setelah balapan di Gokart, Formula BMW, GP3 dan GP2. Saya akan menunjukkan potensi yang saya miliki. Mobil (Manor Racing MRT05) bagus karena Manor didukung Mercedes. Tapi saya baru akan tahu setelah menjajal mobil. Tes di Barcelona akan saya gunakan sebaik mungkin beradaptasi dengan mobil baru dan tim.


Persaingan di Formula 1 sangat berat. Bagaimana Rio menyiapkan mental? Untuk mental sendiri untuk saat ini saya sangat lega, release karena sudah kita ketahui bahwa masuk ke F1 itu tidak hanya talent, tidak hanya skill tapi diperlukan juga tawaran dari Manor Racing, terakhir adalah dana financial support jadi kita sudah pas itu dan sekarang buat diri saya untuk memberikan yang terbaik untuk menghasilkan prestasi.
Menurut Rio, apa faktor yang membuat Anda bisa masuk Formula 1.Ya, seperti saya katakan tadi, ada tiga hal penting agar bisa masuk Formula 1 yaitu talent, tawaran Manor, dan dukungan dana dari keseluruhan negara. 
Apa harapan Rio dalam debut di Formula 1? Saya tidak hanya sekadar ingin tampil di Formula 1 tapi juga berprestasi bekerja keras dan mohon doa terbaik untuk saya.
Bicara target, apakah ada target dari Rio dan Manor di first season Formula 1?Minggu lalu kita kedatangan salah satu direktur Manor Racing. Kita sempat bicarakan target Manor racing. Di mana Manor Racing ingin menjadi midfield team untuk bisa score point. Itu adalah salah satu challenge besar. Ini paket sangat bagus. Ini sebuah, apa ya, bisa menjadi bonus bagi saya karena saya bisa masuk F1 juga saya bisa menunjukkan potensi saya. Dari segi mobil sepertinya cukup bagus saya bilang tadi saya tidak tahu hingga nanti saya bisa menjajal mobil itu. Semoga langkah ke depan saya tetap akan bekerja keras lagi karena saya tidak hanya ingin mewakili Indonesia masuk F1 tapi juga menuai prestasi itu tujuan dan target saya.

Agenda Rio selanjutnya apa menuju Grand Prix Australia? Besok saya akan berangkat ke Barcelona testing pertama 22 Februari hingga 25 Februari, setelah itu akan ada break sekitar lima hari atau empat hari terus akan ada latihan yang kedua kalinya di Barcelona lagi tanggal 1-4 Maret. Jadi saya akan menggunakan waktu itu semaksimal mungkin beradaptasi dengan mobil yang baru (MRT05) dan tim yang baru saya akan berjuang keras lagi mempersiapkan diri saya sebelum first race di Melbourne 20 Maret. Sekali lagi saya mohon doa dan dukungan semua pihak supaya sesi latihan pramusim nanti akan berjalan lancar dana saya akan terus membanggakan dan membawa nama Indonesia ke ajang lebih tinggi.

Apakah Rio sudah memilih nomor mobil yang akan dipakai dalam balapan? Untuk nomor mobil masih kita proses saya belum bisa menjawab karena masih menunggu aprroved Manor jadi kita tunggu saja. (Perkembangan terbaru, Rio memilih nomor 88).


Apa yang membuat Manor interest dengan Rio?Manor interest dengan saya mungkin setelah mengamati prestasi saya di GP2 tahun lalu.
Menurut Rio, Manor Racing itu tim seperti apa?Manor Racing merupakan tim yang menarik dengan visi dan rencana ambisius. Mereka memberikan paket yang baik dan saya tidak sabar mengendarai mobil (Manor Racing MRT05) mereka. Melbourne akan menjadi momen besar bagi saya, negara, pendukung dan penggemar saya. Saya ingin berterimakasih kepada semua orang yang mendukung saya sejak turun di kelas single seater. Tahun 2016 akan menjadi kesempatan untuk membayar kesetiaan mereka dan mewakili Asia di F1. Melbourne akan menjadi momen besar dalam hidup saya, momen besar bagi Indonesia dan seluruh pendukung saya di Indonesia.
resep donat empuk ala dunkin donut resep kue cubit coklat enak dan sederhana resep donat kentang empuk lembut dan enak resep es krim goreng coklat kriuk mudah dan sederhana resep es krim coklat lembut resep bolu karamel panggang sarang semut
Copyright © 2014 Berita pagi ini